Walaupun permasalahan materi bukanlah segalanya dalam hal pernikahan, jangan sampai anda mengurungkan niat anda untuk menikah hanya karena materi. Tak bisa pungkiri lagi bahwa biaya pernikahan sekarang ini sudah lumayan tinggi sekali.      Mulai dari sesuatu hal yang paling sederhana yakni lamaran. Kita tentunya membutuhkan sejumlah uang untuk membeli buah tangan bahkan juga dana untuk transportasinya. Belum lagi untuk keperluan penting yang lainnya.

Biaya Pernikahan

Wajar saja jika uang menjadi elemen yang paling penting saat pernikahan. Sudah semestinya anda calon mempelai entah laki-laki atau bahkan perempuan perlu mempersiapkan sekaligus merencanakan biaya pernikahan ini. Angka biaya pernikahan yang harus anda persiapkan cukup tinggi sekali, terlebih jika anda menggelar acara resepsi di sebuah gedung yang mewah.

Supaya anda bisa memenuhi segala kebutuhan anda selama resepsi pernikahan. Setidaknya anda perlu melakukan berbagai perencanaan untuk biaya pernikahan sebagai berikut ini:

Mengukur kemampuan keuangan kedua pihak

Sebelum akhirnya anda memutuskan untuk mengadakan resepsi pernikahan. Maka anda perlu mengukur kemampuan anda masing-masing. Pengukuran pun bisa anda lakukan dengan mengetahui seberapa banyak tamu yang akan anda undang asekaligus seberapa meriahnya resepsi yang anda inginkan. Jadi alangkah baiknya anda rundingkan hal ini terlebih dahulu sebelum akhirnya mengambil suatu keputusan.

Mempersiapkan biaya pernikahan sejak dini

Hal ini cocok sekali bagi anda yang maish muda bahkan waktu menikahnya masih cukup lama. Pastinya setiap orang mempunyai mimpi ingin melangsungkan resepsi pernikahan yang istimewa bahkan mudah sekali diingat. Untuk itu anda perlu melakukan perencanaan keuangan sejak dini. Salah satu caranya tentu saja dengan menabung. Dengan uang hasil tabungan ini anda bisa pergunakan untuk beragam kebutuhan anda selama resepsi nanti.

Menghindari berhutang hanya untuk biaya pernikahan

Meskipun biaya pernikahan saat ini tergolong tinggi sekali. Sebaiknya anda hindari berhutang meskipun dengan alasan apapun. Anda bisa meminimalkan dana dengan menggelar acara resepsi sewajarnya saja. Namun jika anda memilih dana yang cukup banyak tentunya bisa menggelar acara resepsi yang istimewa. Ada baiknya sesuaikan saja dengan kemampuan keuangan anda. Jangan lagi ada kata gengsi dalam benak anda.

Lebih bijak mengelola uang hadiah dari pernikahan

Ketika menyelenggarakan acara pernikahan pastinya mempelai bakalan mendapatkan kado maupun hadiah dari para tamu undangan yang telah hadir. Kebanyakan orang memberikan kado berupa uang. Pada umumnya uang ini pastinya menjadi hak bagi mempelai. Hanya saja ada berbagai daerah yang memiliki kebiasaan menyerahkan uangnya pada keluarga dari pihak wanita. Ketika uang ini menjadi hak mempelai, sebaiknya anda lebih bijak lagi dalam mengelola keuangan tersebut. Sebaiknya anda bisa pergunakan uang tersebut untuk kepentingan anda yang benar-benar mendesak.

Itulah tadi berbagai macam trik penting supaya anda bisa mempersiapkan sekaligus merencanakan acara resepsi pernikahan dengan matang. Bagaimanapun juga pernikahan memang membutuhkan dana yang cukup besar. Sehingga anda perlu mempunyai sejumlah tabungan yang lumayan cukup untuk menggelar acara resepsi. Jika tidak, maka anda bisa meminta bantuan sejumlah dana kepada kedua orang tua anda.

Baca juga : 5 Keuntungan Pinjaman Tunai di Tunaiku

Pastikan anda bisa menggelar acara pernikahan sesuai dengan kemampuan keuangan anda. Jangan terlalu memaksakan kehendak hingga akhirnya anda harus berhutang. Karena nantinya hal ini justru bisa memberatkan anda setelah acara resepsi selesai di gelar. Namanya kebutuhan tentunya semakin lama akan semakin bertambah saja. Jadi alangkah baiknya anda kelola keuangan anda dengan benar.

Categories: Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Bisnis

Strategi Bisnis Pulsa Era Smartphone

Jaman telah berubah dari masa primitif ke masa imaginatif, begitu pula bisnis pulsa. Dari era menggunakan featured phone untuk mendukung jualan pulsa, kini diganti dengan dukungan dari smartphone. Kebutuhan pulsa pun juga berbeda. Jika dahulu Read more…

Bisnis

Heboh Transfer Rp 19 Triliun oleh 81 WNI Inggris Ke Singapura

Berita Bisnis – Indonesia saat ini dihebohkan dengan terungkapnya fakta Transfer dana sangat besar 1,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 19 triliun yang diakukan oleh 81 nasabah warga negara Indonesia (WNI). Kini alasan di balik pemindahan Read more…